Saturday 14 May 2016

Hukum Nya Puasa Tapi Meninggalkan Sholat Di Bulan Suci Ramadhan

Hukum Nya Puasa Tapi Meninggalkan Sholat Di Bulan Suci Ramadhan

Di Saat bula suci ramadhan banyak orang yang berpuasa full tanpa ada yang batal tapi banyak pula orang yang full puasa tapi meninggalkan shalat,Bagai mana Hukum nya ?.

Diriwayatkan oleh Bukhari, no. 520, Dari Buraidah radhiallahu anahu berkata, "Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang meninggalkan shalat Ashar, maka amalannya telah gugur."
Arti ‘Gugur amalannya’ adalah batal dan tidak bermanfaat. Hadits ini menunjukkan bahwa orang yang meninggalkan shalat, Allah tidak menerima amalan darinya. Maka orang yang meninggalkan shalat tidak bermanfaat sedikitpun amalannya. Tidak akan dinaikkan amalannya kepada Allah.
Seseorang Bertanya Kepada Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin -rahimahullah  : Apa hukum orang yang berpuasa namun meninggalkan shalat? 

Puasa yang dilakukan oleh orang yang meninggalkan shalat tidaklah diterima karena orang yang meninggalkan shalat adalah kafir dan murtad.  Sebagai mana Firman Allah SWT :

                                                            فَإِنْ تَابُوا وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآَتَوُا الزَّكَاةَ فَإِخْوَانُكُمْ فِي الدِّينِ وَنُفَصِّلُ الْآَيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ
”Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui.” (QS. At Taubah [9] : 11)

Dan Juga Sabda Nabi SAW :

                                                                                                             بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالْكُفْرِ تَرْكُ الصَّلاَةِ

Ibnu Qayim rahimahullah berkata terkait makna hadits ini di kitab Shalat, hal. 65, "Yang tampak dalam hadits ini, bahwa meninggalkan ada dua macam; Meninggalkan semuanya tidak pernah melakukan sama sekali, maka ini akan menghilangkan semua amalannya. Meninggalkan tertentu pada hari tertentu, maka ini menghilangkan amalan pada hari itu. Maka, gugur yang bersifat umum seimbang dengan meninggalkan secara umum. Dan gugur sebagian seimbang dengan meninggalkan sebagian." 

Kesimpulan Dari Artikel Di Atas Adalah

Seseorang Tidak Akan Di Terima Puasa nya Jika Orang Itu Meninggalkan Shalat Maka Dari Itu Kita Tetap Harus Mengutamakan Shalat Di Bandingkan Yang Lain.

Related Posts

Hukum Nya Puasa Tapi Meninggalkan Sholat Di Bulan Suci Ramadhan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
14 May 2016 at 04:29

sholat adalah yg utama

Reply
avatar
15 May 2016 at 04:52

trimakasih, sngat brmanfaat.

Reply

Berkomentar Lah Sesuai Dengan Postingan ,Tidak Boleh Mengandung - SPAM
- Unsur Sara,
- Pornografi
- Tebar Link