Saturday 7 May 2016

Cara Memperbaiki Touchpad Error/tidak berfungsi dengan normal

Touchpad Error

Cara Memperbaiki Touchpad Error/tidak berfungsi dengan normal-Terkadang kita suka merasakan ada yang aneh di kursor kita dan kita kira itu hal biasa padahal yang mempengaruhi kursor itu adalah touchpad.
Touchpad adalah perangkat penunjuk (pointer) yang terdiri dari permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad adalah fitur umum dari laptop dan juga digunakan sebagai pengganti mouse komputer di space meja yang kecil.

Berikut adalah penyebab mengapa touchpad eror atau tidak berfungsi dengan normal :


1. Laptop terkena serangan virus
2. Touchpad kotor karena terkena debu / noda
3. Touchpad terkena minyak keringat
4. Driver touchpad hilang atau belum terinstal
5. Kesalahan settingan pada program touchpad
6. Kerusakan Hardware (touchpad)
7. Kerusakan Driver
8. Driver belum terinstall
9. Kesalahan setting touchpad
10. File system corrupt

Berikut Ini Adalah Tips Ampuh Untuk Mengatasi Error pada touchpad

1. Download driver asli dari vendor laptop tersebut


      Pada saat pertama kali menggunakan laptop / notebook, memang touchpad kita sudah secara otomatis dapat dipakai, tetapi jangan lupa juga untuk melakukan instalasi driver touchpad yang disediakan di website resmi vendor laptop kita. seperti Asus, Toshiba, HP, Acer, Lenovo, dll. karena dengan instalasi driver touchpad, maka akan mengurangi resiko terjadinya error.


2.   Memperbaiki Melalui Registry


        Dalam beberapa kasus touchpad tidak berfungsi normal antara tombol kanan dan kiri terbalik , atau laptop tidak bisa melakukan klik sama sekali maka bisa di coba memperbaiki dengan melakukan edit pada registry windows


  •  Masuklah kedalam regirtry editor (regedit) carany, klik star= > "RUN"isi tab dengan kata "regedit" setelah ituklik OK.



  •  Carilah key berikut ini HKEY_CURRENT_USER => Control Panel=>mouse



  •  Perhatikan disebelah kanan cari value "swapmousebutton" biasanya paling bawah=> klik 2x (double klik) maka akan muncul kotak dialog "edit string", pada tab "value data" rubah nilai menjadi 0, setelah itu klik OK.

3. Scanning Software Antivirus


      Virus / malware memang menimbulkan dampak signifikan pada hardware, baik internal maupun eksternal. Biasanya virus mengacaukan program sistem, sehingga berbagai hardware tidak dapat berjalan dengan maksimal. Contohnya yang terjadi pada kasus touchpad yakni kursor tidak dapat bergerak atau kursor bergerak sendiri.
Alangkah baiknya sebelum melakukan perbaikan lebih lanjut anda melakukan Scanning untuk membersihkan Virus pada laptop anda secara Full .


4. Membersih Debu , Minyak


Taouchpad pada laptop mempunyai sifat sensitif , artinya jika touchpad sampai kotor atau tertutup debu tentunya mengurangi sensitivitas touchpad itu sendiri , ada baiknya untuk selalu melakukan perawatan dengan membersihkan seluruh bagian laptop dengan kain kanebo (jangan terlalu basah) atau coba bersihkan dengan Alkohol untuk membersihkan Noda membandel sisa makanan yang sulit di bersihkan dengan air biasa


Sumber Referensi   :      http://helmykkediricomp.blogspot.co.id/2015/11/memperbaiki-touchpad-tidak-Berfungsi-Normal.html

Related Posts

Cara Memperbaiki Touchpad Error/tidak berfungsi dengan normal
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
7 May 2016 at 02:21

Bookmark dulu gan :D
Ane sering banget error touchpadnya.

Reply
avatar
7 May 2016 at 02:21

nice kebetulan touchpad temen rusak

Reply

Berkomentar Lah Sesuai Dengan Postingan ,Tidak Boleh Mengandung - SPAM
- Unsur Sara,
- Pornografi
- Tebar Link